Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Opini Bagaimana Cara Mengatasi Lumpur Lapindo

Minggu, 02 Oktober 2011

LUMPUR LAPINDO



Pendapat saya bagaimana cara untuk mengatasi lumpur lapindo ,yaitu :


  • Pilihan pertama saya adalah meneruskan upaya penangangan lumpur di lokasi semburan dengan membangun waduk tambahan di sebelah tanggul-tanggul yang ada sekarang. Dengan sedikit upaya untuk menggali lahan ditempat yang akan dijadikan waduk tambahan tersebut agar daya tampungnya menjadi lebih besar. Masalahnya, untuk membebaskan lahan disekitar waduk diperlukan waktu, begitu juga untuk menyiapkan tanggul yang baru, sementara semburan lumpur secara terus menerus, dari hari ke hari, volumenya terus membesar.  



  •  Pilihan kedua saya adalah membuang langsung lumpur panas itu ke Kali Porong. Sebagai tempat penyimpanan lumpur, Kali Porong ibarat waduk yang telah tersedia, tanpa perlu digali, memiliki potensi volume penampungan lumpur panas yang cukup besar. Dengan kedalaman 10 meter di bagian tengah kali tersebut, bila separuhnya akan diisi lumpur panas Sidoardjo, maka potensi penyimpanan lumpur di Kali Porong sekitar 300,000 m3 setiap kilometernya. Dengan kata lain, kali Porong dapat membantu menyimpan lumpur sekitar 5 juta m3, atau akan memberikan tambahan waktu sampai lima bulan bila volume lumpur yang dipompakan ke Kali Porong tidak melebihi 50,000 m3 per hari. Bila yang akan dialirkan ke Kali Porong adalah keseluruhan lumpur yang menyembur sejak awal Oktober 2006, maka volume lumpur yang akan pindah ke Kali Porong mencapai 10 juta m3 pada bulan Desember 2006. Volume lumpur yang begitu besar membutuhkan frekuensi dan volume penggelontoran air dari Sungai Brantas yang tinggi, dan kegiatan pengerukan dasar sungai yang terus menerus, agar Kali Porong tidak berubah menjadi waduk lumpur. Sedangkan untuk mencegah pengembaraan koloida lumpur Sidoardjo di perairan Selat Madura,diperlukan upaya pengendapan dan stabilisasi lumpur tersebut di kawasan pantai Sidoardjo.

  •   Pilihan Ketiga saya adalah mengumpulkan lumpur panas Sidoarjo ke tempat yang kemudian menjadi lahan basah yang akan ditanami oleh mangrove, lumpur tersebut dapat dicegah masuk ke Selat Madura sehingga tidak mengancam kehidupan nelayan tambak di kawasan pantai Sidoardjo dan nelayan penangkap ikan di Selat Madura. Pantai rawa baru yang akan menjadi lahan reklamasi tersebut dikembangkan menjadi hutan bakau yang lebat dan subur, yang bermanfaat bagi pemijahan ikan, daerah penyangga untuk pertambakan udang. Pantai baru dengan hutan bakau diatasnya dapat ditetapkan sebagai kawasan lindung yang menjadi sumber inspirasi dan sarana pendidikan bagi masyarakat terhadap pentingnya pelestarian kawasan pantai..




Itulah beberapa pendapat saya ,tentang bagaimana cara mengatasi  Lumpur Lapindo .

Sekian terima kasih.

    4 komentar:

    my profile mengatakan...

    wah bloeh juga.... folow balik jga ya,... inteksol.blogspot.com

    Unknown mengatakan...

    Apa waduk yang dibuat dapat bertahan lama untuk menanggulai lumpur tersebut

    Unknown mengatakan...

    harusnya para pakar kimia, fisika, dan geografi membuat sebuah penilitian gimana caranya memisahkan kandungan zat yg ada pada lumpur itu. seperti gas, tanah, air, dll. kemudian diolah supaya bermanfaat misal air utk pengairan tanaman, lumpur atau tanahnya dibuat genteng dan batu bata, gasnya diolah lagi supaya bisa dimanfaatkan. kalau hanya membuat tampungan lumpur seperti waduk tidak akan mengatasi masalah. apakah kita akan meninggalkan bencana lumpur utk anak cucu kita ?
    #pendapatsaya

    Aimlight mengatakan...

    Lumpur lapindo memang perlu diselesaikan, menurut saya fenomena ini seperti sistem sumur pompa. Ada tenaga dari dalam yang mendorong lumpur sehingga sampai ke permukaan. Dan kita perlu menonaktifkan tenaga tersebut yang saya asumsikan gas. #pendapatsaya

    Posting Komentar