ISD sebagai salah satu MKDU
Jumat, 04 Juni 2010
ISD sebagai salah satu MKDU
Acronym Definition
ISD Independent School District
ISD Intermediate School District
ISD Information Services Department
ISD Information Services Division
ISD Instructional Systems Design
ISD Investment Services Directive (Europe)
ISD Information Systems Division
ISD Information Systems Development
ISD Integrated Services Digital
ISD Illinois School for the Deaf
ISD Inspectional Services Department
ISD In Service Date
ISD Internal Security Department (Singapore)
ISD Inhibited Sexual Desire
ISD Intrinsic Sphincter Deficiency
ISD Indiana School for the Deaf
ISD Integrated Service Delivery (American Red Cross)
ISD Instructional System Development (US Air Force Air Education and Training Command AETC AFI)
ISD Iowa School for the Deaf
ISD International Subscriber Dialing
ISD In-School Detention
ISD International Society of Differentiation
ISD Imperial-class Star Destroyer (Star Wars)
ISD Integrated Systems Development
ISD Information System Department
ISD Information Systems Directorate
ISD Independent Sealing Distributors
ISD Imperator-Class Star Destroyer (Star Wars)
ISD Image Section Descriptor
ISD Interim Status Document
ISD Information Storage Device (electronics)
ISD Integrated System Diagnostics, Inc.
ISD Integrated Self-Defense (US DOD)
ISD Implied Standard Deviation
ISD Interface Summary Design
ISD Institute of Social Development (est. 1991; Sri Lanka)
ISD In Striking Distance
ISD International Skill Development, Inc.
ISD Image Support Data
ISD Independent Segment Decoding
ISD Incremental Software Development
ISD Immune System Disorder
ISD Integrated Services Director
ISD International Standards Development
ISD Ignition Safety Device
ISD Installation Supply Division
ISD International Systems Development
ISD Industrie-Sprachen-Dienst (Stuttgart, Germany language courses)
ISD India Development Centre
ISD Installation Support Division (US Army Corps of Engineers)
ISD Intelligent Storage Device (area network environment)
ISD Internal Stability Division (South Africa)
ISD In-flight Service Director
ISD Interim Situation Display
ISD Institut für Statik und Dynamik, Leibniz Universität Hannover
ISD Itakura-Saito Distortion
ISD Integrated Solutions Development (Sprint)
ISD Initial Search Depth
ISD Individual Soldier Detector
ISD Information System Display
ISD Installation Specific Data
ISD Internal Symbol Dictionary
ISD Implantable Stimulation Device (cardiology)
ISD Ion Stimulated Desorption
ISD Interference Suppression Devices
ISD Intelligence Support Detachment (USFK specific)
ISD Infrared Suppression Device
ISD Information Systems Designator/Directive
ISD Idle Signal Detected
ISD International Standard Data Network
ISD Instructional Systems Development Design
ISD Incidental Sequences Diagram
ISD Intersite Delivering
ISD Intradiscal Stabilization Device
ISD Intelligence Shared Database
ISD Integrated Services Document
ISD International Switched Data
ISD Interface Structure Diagram
ISD Intersystem Designation
ISD Interoperability and Standardization Director
ISD Islamic Society of Denton (Texas)
WEDEW hahaha kidding ISD = Ilmu Sosial Dasar
Mata kuliah di Kampus, mungkin harus diganti What the function of ISD?
Kita definisikan satu persatu ya’
Ilmu = pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum sebab-akibat dalam suatu golongan masalah yang sama sifatnya, baik menurut kedudukannya (apabila dilihat dari luar), maupun menurut hubungannya (jika dilihat dari dalam).
Sosial = Definisi Sosial dapat berarti kemasyarakatan. Sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain. Kehadiran itu bisa nyata anda lihat dan anda rasakan, namun juga bisa hanya dalam bentuk imajinasi. Setiap anda bertemu orang meskipun hanya melihat atau mendengarnya saja, itu termasuk situasi sosial. Begitu juga ketika anda sedang menelpon, atau chatting (ngobrol) melalui internet.
Ilmu Sosial Dasar = dasar dari suatu pengetahuan mengenai hubungan antar Individu.
Jadi Fungsinya ISD untuk mempermudah hubungan antar Individu, bagaimana dapat mengerti dan memahami satu sama lain.
Ilmu sosial dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
3. Menyadari bahwa setiap masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis inter-disipliner.
4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Persamaan antara ilmu sosial dasar dengan ilmu pengetahuan sosial antara lain:
1. Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan’
2. Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3. Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan antara ilmu sosial dasar dengan ilmu pengetahuan sosial antara lain:
1. Ilmu sosial dasar diberikan di perguruan tinggi, ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
2. Ilmu sosial dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
3. Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukan sikap dan kepribadian, ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan:
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang keyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar saja, sehingga sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial yang berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
2. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial )
Ilmu Pengetahuan Sosial, biasa disingkat IPS, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Karena sifatnya yang berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial, di Indonesia IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat di atasnya, mulai dari sekolah menengah tingkat atas (SMA/SMU) dan perguruan tinggi, ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.
Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial :
* Sejarah
* Ekonomi
* Geografi
* Sosiologi
* Antropologi
* Psikologi
* Tata Negara
Tujuan mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial :
1. Membangun perilaku seseorang agar menjadi masyarakat yang dapat bersosialisai
2. Membangun perilaku seseorang untuk menjadi masyarakat yang baik dan berbudaya
3. Agar setiap orang yang mempelajari IPS dapat mematuhi dan memahami context sosial
4. http://file.upi.edu/Direktori/B%20-%20FPIPS/JUR.%20PEND.%20GEOGRAFI/196105011986011%20-%20MAMAT%20RUHIMAT/Mtolgi%20P-IPS.pdf
* Persamaan dan Perbedaan IBD (Ilmu Budaya dasar ) dengan IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial)
I. Perbedaan antara IBD dan IPS
Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu :
· Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
· Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.
· Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
II. Persamaan antara IBD dan IPS
Persamaan dari keduanya antara lain adalah :
· Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran
· Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
· Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar